Diposkan pada Pekanbaru

#Carito Denai [Riau] : Kegiatan Workshop Jurnalistik di Riau Pos Pekanbaru

Sebagai seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi, belajar di kampus saja tidaklah cukup. Karena kita dituntut untuk memiliki berbagai keahlian baik itu hardskill maupun softskill yang akan menunjang untuk menjadi seorang praktisi Ilmu Komunikasi yang hebat. Teori yang didapatkan di masa perkuliahan memang sangat penting, namun teori tanpa praktek sama dengan nol besar. Mengapa demikian? karena sebagai seseorang dikatakan praktisi Ilmu Komunikasi yang sesungguhnya apabila ia dapat mempraktekkan segala keilmuannya langsung dilapangan.
Nah, kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat mengadakan dan sekaligus mengikuti kegiatan workshop jurnalistik di Riau Pos Pekanbaru. Workshop ini ditaja oleh Race Club yang merupakan kumpulan anak Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau dalam bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) yang bekerjasama dengan Harian Riau Pos.

Sesuai dengan namanya, workshop ini membahas mengenai jurnalistik. workshop ini diikuti oleh 60 orang yang merupakan mahasiswa Ilmu komunikasi Fisip Universitas Riau. Adapun materi yang disampaikan mulai dari cara mendesign cover majalah dengan baik, penulisan headline yang menarik, memahami layout newspaper dan filosofinya, cara menulis berita dengan baik dan benar, sampai pada kode etik jurnalistik. Adapun materi mengenai berita dan teknik penulisan hingga praktek pembuatan berita disampaikan oleh Bp. Muhammad Nazir Fahmi yang menjabat sebagai wakil direktur/Deputy GM Bidang Redaksi Harian Riau Pos. Dan materi mengenai Desain halaman majalah oleh Furqon LW selaku wartawan senior Harian Riau Pos.

[Doc. Pribadi] Penyampaian materi oleh Bp. Nazir Fahmi

[Doc. Pribadi] Saya dan teman-teman saat mengikuti Workshop

Eitssss tidak sampai disitu saja kami, saya dan peserta workshop lainnya diberi kesempatan untuk menjelajahi Gedung Graha Pena Riau Pos yang terletak di Jl. HR Subrantas KM 10 5 Pekanbaru. Mulai dari ruangan kerja hingga tempat percetakkan newspaper Riau Pos ini sendiri.

[Doc. Pribadi] Kami saat mengunjungi ruang kerja wartawan Harian Riau Pos

[Doc. Pribadi] Saya saat di ruangan percetakkan Harian Riau Pos

Dalam mengikuti workshop ini kami tidak hanya mendapatkan teori saja melainkan sekaligus mendapatkan gambaran kegiatan seorang jurnalis. Seru bukan? Berkunjung ke Harian Riau Pos sekaligus mendapatkan ilmu.Tidak hanya sebagai panitia, saya hadir di workshop ini juga sebagai peserta. Pengalaman mentaja acara dapat, ilmu yang disampaikan juga dapat. Alhamdulillah. Oke. Sampai disini dulu cerita saya, semoga menginspirasi dan mendorong teman-teman untuk tidak sekedar mencari ilmu di kampus saja, namun diluar kampus juga seperti workshop ini. Sampai bertemu di cerita saya selanjutnyaa!

[Doc. Pribadi] Foto Bersama Panitia dan Bp. Muhammad Nazir Fahmi (Wakil Direktur Harian Riau Pos)

Iklan
Diposkan pada Pekanbaru

#Carito Denai [Riau] : Bazaar Ramadhan Jl.Binakrida

Halo Readers, kali ini aku akan menceritakan pengalaman aku saat berburu makanan untuk berbuka puasa di Bazaar Ramadhan Jl. Binakrida.

Berbeda dengan hari biasa, saat bulan Ramadhan Jl. Binakrida, Panam, Pekanbaru terdapat Bazaar Ramadhan yang menyediakan menu berbuka puasa. Banyak sekali penjual yang menjajakan menu berbuka disetiap bibir jalan, baik disisi kiri maupun kanan. Jika kalian bertempat tinggal di Panam dan sekitarnya, Bazaar Ramadhan Jl. Binakrida bisa dijadikan tujuan untuk berburu takjil. Mulai dari minuman seperti cendol, es oyen, es buah, es jeruk kasturi, kolak hingga makanan seperti gulai, rendang, lotek, berbagai olahan mie, sala lauk, dan berbagai macam jenis gorengan.

Ok Readers, kali ini saya tertarik untuk mengunjungi sebuah gerai makanan yang ada di Jl. Binakrida yaitu terletak tepat setelah gerbang UR. Meski harus berdesakan dengan para pembeli lain, ini tidak membuat semangat saya surut untuk memilih makanan.

[Doc. Pribadi] Keramaian pembeli di salah satu gerai makanan
[Doc. Pribadi]

[Doc. Pribadi] Gerai ke 2 yamg menyediakan berbagai jenis olahan mie

Akhirnya setelah puas memilih-milih, saya akhirnya menjatuhkan pilihan pada es jeruk kasturi dan lumpia. dan ternyata pilihan saya tidak salah, keduanya sangat enak. Recommended.

[Doc. Pribadi] Es Jeruk Kasturi

[Doc. Pribadi] Saya saat memilih Lumpia

Tips untuk kalian nih Readers, kalian harus datang lebih awal saat berburu makanan di Bazaar Ramadhan Jl. Binakrida ini. Karena apa? jika kalian datang jam 5 sore atau bahkan lewat, kalian akan kehabisan makanan dan parahnya lagi akan terkena macet, walaupun tidak terlalu parah. Kalian tentu ga mau kan kehabisan makanan plus terkena macet?

[Doc. Pribadi] Kepadatan kendaraan di Jl. Binakrida

Nah itulah cerita saya saat berburu makanan untuk berbuka puasa di Bazaar Ramadhan Jl. Binakrida. Sampai bertemu di cerita saya selanjutnya. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.

Diposkan pada Pekanbaru

#Carito Denai [Riau] : Spot Foto Ala-ala Selebgram Ada di Universitas Riau?

Kita tentu sudah menyadari bahwa saat ini kehidupan anak remaja zaman sekarang tidak bisa terlepas dari yang namanya gadget dan media social. Keduanya sangat mencirikan generasi millennial. Apaan tuh generasi millenial? Yap, kamu yang berumur yang berumur 18-35 adalah bagian dari generasi millenial yang biasa disebut millennials. Termasuk aku sendiri hehe.
Nah ngomongin tentang gadget dan media social, setuju ga sih kalian kalau keduanya berhubungan dengan eksistensi? Mungkin beberapa tidak menganggap begitu, namun secara garis besar bisa dikatakan demikian. Apalagi masalah media social seperti Facebook, Instagram, Path, Twitter, DLL. Seseorang akan berusaha memposting sesuatu entah itu quotes atau foto yang bagus dan menarik alih-alih mendapatkan like dan followers yang banyak.
Oke, kali ini aku akan memberikan beberapa referensi untuk kalian para Millenials khususnya mahasiswa Universitas Riau agar mendapatkan spot foto ala-ala selebgram. Dimana aja? Let’s check them out
1. Pohon Hits FISIP
Anak FISIP pasti tau nih tempat yang satu ini. Yang menarik disini adalah terdapat pohon-pohon yang berdiri rapi dengan daun-daun kering dibawahnya.

[Dokumen Pribadi]
Pohon yang berdiri sejajar sangat bagus untuk menjadi latar foto. Heyy itu aku loh

[Dokumen Pribadi]
Dedaunan kering menambah nilai estetika pada foto. Ini asli loh

2. Venue Panjat Tebing Universitas Riau
Lokasi venue Panjat Tebing ini berada tepat didepan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Selain tempat untuk para climbing, venue Panjat Tebing ini juga cocok digunakan untuk spot agar mendapatkan foto yang instagramable banget!

[Doc. Pribadi] Arena Panjat Dinding Pekanbaru

[Doc. Pribadi] Arena Panjat Dinding

[Dokumen Pribadi]
Me on Photo

3. Taman Buah Universitas Riau
Di Universitas Riau ada taman Buah yang boleh dipetik siapa aja loh, gratisssssssss lagi. Hehe.

[Doc. Pribadi] Lokasi Taman Buah UR

[Dokumen Pribadi]
Me On Photo

4. Jembatan Kupu-kupu
Ini merupakan salah satu tempat ikonik di Universitas Riau. Biasanya mahasiswa berkumpul disini untuk bermain, diskusi, ataupun sekedar berfoto-foto. Tempat ini selalu ramai dikunjungi para mahasiswa untuk sekedar bersantai.

[Doc. Pribadi] Jempatan Kupu-Kupu

[Doc. Pribadi] Me on Photo

5. Kolam Buatan Universitas Riau
Nah, kolam buatan ini juga merupakan tempat ikonik Universitas Riau. Tempatnya tidak jauh dari Gedung Rektorat UR, berdekatan dengan jembatan kupu-kupu. Di sekitar lokasi ini juga terdapat tulisan besar “UNIVERSITAS RIAU” beserta logo instansi.

[Dokomen Pribadi]
Tulisan Dan Logo Universitas Riau.

[Doc. Pribadi] Danau Buatan UR

[Doc. Pribadi] Me on Photo

Nah, itulah beberapa spot foto ala-ala selebgram yang ada di Kampus Universitas Riau. Apakah kalian tertarik untuk berfoto-foto disana?